Home » » Nokia N73

Nokia N73

Written By muhammad on Tuesday, April 3, 2012 | 6:00 PM

Pagi kawan, setelah kemarinsaya mereview nokia N70 sekarang saya mau mereview saudaranya yaitu N73. Ponsel ini cukup terkenal dan handal, dalam menjalankan tugas nya sebagai alat komunikasi. Ponsel ini juga bisa disebut sebagai ponsel kamera, karena dilengkapi dengan resolusi 3,15MPx, 2048x1536 pixels, serta dilengkapi lensa Carl Zeiss yang autofokus sebagai andalannya. Dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, memory internal yang cukup 42MB, untuk meyimpan hasil dari kamera atau menyimpan music (MP3).
Desain

Desain N73 ini hampir sama dengan pendahulunya yaitu N70 dimana dari depan terdapat layar, kamera kedua dan jajaran keypad, untuk desain keypad dan letak-letaknya sama persis seperti N70, yang membedakan disini cuma penggunaan tombol navigainya karena N73 ini menggunakan stick. Dibagian belakang terdapat kamera kedua yang dilengkapi pelindung kamera yang bisa digeser keatas dan kebawah. Disamping sebelah kiri terdapat tiga tombol yaitu tombol volume untuk menambah atau mengurangi dan tombol untuk membidik footo, sedangkan disamping kanan terdapat inframerah sebagai media transfer data selain bluetooth. N73 ini memiliki ukuran panjang 110 mm, lebar 49 mm dan tebal 19 mm.

LAYAR

Layar Nokia N73 cukup besar dan nyaman untuk dilihat. Resolusi layarnya 204x320 pixels dalam dimensi 34x49 mm, dan berteknologi TFT, tapi agak buram sewaktu di bawah sinar matahari. Uniknya Nokia N73 mempunyai sensor cahaya yang berukuran kecil, disebelah kiri kamera VGA/call camera. Sensor ini berfungsi untuk mengatur backlight pada layar yang mampu menampilkan gambar 256k warna.

KAMERA

 Untuk mengambil gambar pada Nokia N73 dapat menggunakan mode landscape maupun horisontaldan kamera ini memiliki resolusi 3,2 MP. Lensa mempunyai penutup berbentuk oval. Ketika lensa dibuka, otomatis kamera siap digunakan. Saat penutupnya dibuka, tombol yang berada sisi kanan akan menyala bergantian pertama tombol volume, diikuti oleh tombol galeri dan yang terakhir adalah tombol bidik. Optik yang digunakan adalah Tessar F/2.8 yang didampingi oleh lampu kilat dioda dengan fitur red-eye reduction serta autofokus. Ketika kamera di aktifkan di sebelah kiri atas layar ada indikator mode, foto atau video. Kemudian di kiri bawah menunjukan jumlah gambar tersisa yang bisa digunakan, disertakan juga resolusinya. di sisi kanan, berjajar ikon-ikon menu pengaturan kamera. Ikon-ikon ini bisa di sembunyikan dan dimunculkan kembali apabila joystick digerakan. Saat digunakan untuk zoom/perbesaran, ikonnya di tampilkan secara vertikal. Untuk zooming ini Nokia N73 mampu mencapai perbesaran sebesar 20x.
Untuk menghasilkan gambar yang baik Nokia N73 ini dilengkapi dengan pengaturan kamera yang cukup lengkap, yaitu mode kamera untuk foto dan video. Untuk kamera fiturnya: Automatic, User, Close-Up, Portrait, Landscape, Sport, Night, Night portrait). Flash mode: Automatic, Always On, Red-eye reduction, Off. Self Timer: Off, 2 seconds, 10 seconds, 20 seconds). Mode Sekuensial White Balance : Automatic, Sunny, Cloudy, Incandescent, Flourescent. Exsposure Compensation
efek warna : Normal, Sepia, Black & White, Negative, Vivid. Sensitifitas
Cahaya atau ISO: Automatic, Low, Medium, High.
Selain untuk mengambil gambar diam, kamera Nokia N73 juga mampu merekam video. Resolusi maksimal yang sanggup direkam adalah 352x288 pixels dengan hasil akhir disimpan dengan format MP4. Durasi rekaman tak terbatas, dengan menggunakan sisa memory yang ada (sesuai dengan kapasitas sisa memori).


Internet

Untuk  internet ponsel ini tidak perlu ragukan karena sudah 3G, digunakan untuk browsing  ataupun chatting tak akan jadi masalah karena kecepatannya sangat mengesankan. Bagi yang penggemar kecepatan ponsel ini tidak mengecewakan dan patut untuk dicoba.

Kesimpulan
Menurut saya N73 ini merupakan ponsel multimedia yang sangat cocok bagi yang suka narsis atau yang suka mengabadikan pemandangan alam, karena kuwalitas kameranya yang jernih dengan dilengkapi lampu flash dan fitur lainnya sebagai penunjang. Untuk Internetannya pun sangat bisa diandalkan dengan kecepatannya yang wus-wus anti lmot. Demikanlah sedikit review dari saya tentang Nokia N73 dan semoga bermanfaat. ;)

0 comments:

Post a Comment